Saturday 2 December 2017

Ulasan 02: Cloud Computing Basics

Pernahkah kalian membuat website, namun ketika website tersebut sudah ramai, website tersebut sering mengalami down? Hal itu berhubungan dengan kekuatan komputasi pada server tempat website tersebut disimpan. Video berdurasi 5 menit 22 detik yang berjudul "Cloud Computing Explained" buatan HighTechDad (link: http://youtu.be/QJncFirhjPg) ini menjelaskan tentang ide dasar cloud computing, dan menjelaskan bagaimana cloud computing bisa mengatasi masalah-masalah downtime.

Sebelum cloud computing, apabila kita ingin menggunakan server, maka kita perlu mendaftar hosting. Keterbatasan pelayanan hosting server adalah kita tidak bisa mengadaptasikan kemampuan hardware dengan kebutuhan traffic pada aplikasi. Apabila kita menambah server, maka waktu  yang terbuang untuk konfigurasi setiap server sangat banyak, dan membutuhkan banyak biaya pula untuk menjamin semua server berjalan. Cloud computing merupakan solusi dari masalah tersebut. Cloud computing secara umum terdiri dari tiga lapis layanan, yaitu Infrastructure, Platform, dan Application.

Hosting server merupakan bagian dari lapisan infrastructure. Ketika layanan berada pada lapisan platform, pengaturan server dilakukan secara instan dan jumlah server yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan lamanya penggunaan server. Proses itu dilakukan di belakang layar sehingga tidak mengganggu pengguna aplikasi. Kita juga dapat mengaturnya secara remote. Pada lapisan application, kita dapat berfokus pada website atau aplikasi yang kita gunakan, sedangkan semua hal lain ditangani secara otomatis. Ada tiga kelebihan cloud computing, yaitu: scalability (adaptasi jumlah kekuatan komputasi dengan kebutuhan), instant (tanpa mengganggu pengalaman user), dan save money.

Secara umum, penjelasan tentang inti mendasar mengenai cloud computing telah dijelaskan dengan baik oleh pembuat video (Tim Wayne). Pengenalan di awal video juga sudah cukup menarik sehingga penonton video lebih tertarik untuk mengetahui isi dari video. Sekian ulasan saya, semoga berguna bagi pembaca.

Github Account: ichlaffterlalu
URL Ulasan: http://ichlasulaffan.blogspot.com/2017/12/ulasan-02-cloud-computing-basics.html
URL Video: http://youtu.be/QJncFirhjPg (durasi 5 menit 22 detik)
Video Author: HighTechDad
Pemetaan: week10 (Cloud Computing)
Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)